Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo)

Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo)Pernikahan merupakan suatu moment sakral yang sangat dinantikan oleh banyak orang, khususnya bagi seorang wanita. Moment ini begitu dinanti dengan segala perasaan mulai dari gairah, ketakutan, dan juga kekhawatiran. Tidak heran jika banyak pasangan yang mempersiapkan pernikahan mereka dengan matang. Persiapan pernikahan itu meliputi banyak hal mulai dari hal terpenting hingga hal yang paling sederhana.

Tata rias atau rias wajah pengantin merupakan salah satu contoh hal penting yang diberikan perhatian penuh oleh wanita. Salah satu gaya rias pilihan wanita adalah gaya rias pengantin Jawa. Pengantin Jawa yang identik dengan paes, dahi yang dibuat hitam menambah ciri khas cantiknya pengantin adat Jawa. Berikut ini beberapa model Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo) :

1. Rias Pengantin Yogya Putri
Salah satu gaya tata rias pengantin khas Jawa yang digunakan yakni Rias Pengantin Yogya Putri. Riasan dengan ciri khas bagian rambut belakang disanggul dan memakai cunduk dan pelat gunungan di bagian atas rambut. Pada bagian bawah gunungan plat ditambahkan bunga melati dan hiasan pada kanan kiri, dilengkapi dengan bunga mawar merah. Riasan hitam di bagian dahi atau biasa disebut paes, ditambahkan pinggiran warna emas.

2. Rias Pengantin Yogya Paes Ageng
Riasan dengan gaya Rias Pengantin Yogya Paes Ageng hampir sama seperti Rias Pengantin Yogya Putri, hanya saja rambut pengantin perempuan dibiarkan menjuntai ke bawah dengan dibalut bunga kantil melati.

3. Rias Pengantin Yogya Jangan Menir
Gaya Rias Pengantin Yogya Jangan Menir biasa menggunakan busana tanpa menggunakan dodot. Riasan ini tidak banyak berbeda dengan 2 macam riasan di atas, hanya saja yang berbeda yakni penggunaan busana tambahan.

4. Rias Pengantin Solo Bahasan
Selain gaya Rias Pengantin Yogya, gaya tata rias pengantin adat jawa juga menggunakan riasan Rias Pengantin Solo. Riasan yang memiliki perbedaan pada paesnya, Paes Rias Pengantin Solo tidak menggunakan pinggiran warna emas yakni hanya menggunakan warna hitam. Ciri khas lain dari Rias Pengantin Solo yaitu pengantin perempuan biasa memakai kemben, kain dodot, dan sampur.

5. Rias Pengantin Solo Putri
Rias Pengantin Solo Putri memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Rias Pengantin Solo Putri Bahasan, yakni menggunakan riasan hitam pekat di bagian dahi. Gaya rambut yang digunakan yakni gaya ukel besar dengan tambahan aksesoris bunga melati dan cunduk sisir serta cunduk pentul di bagian atas kepala.

Itulah model Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo) yang dapat anda jadikan referensi dalam merencanakan pernikahan Anda bersama pasangan tercinta khususnya Bagi Anda yang ingin menggunakan Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo). Untuk membantu Anda dalam mendapatkan penampilan yang mempesona dalam pernikahan Anda, diperlukan Jasa Rias Pengantin Profesional dan Berpengalaman seperti salah satunya ialah Rias Pengantin Jakarta. Semoga tulisan kami yaitu, Tata Rias Pengantin Adat Jawa (Paes Jogja & Solo)sangat bermanfaat bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *