5 Tradisi Pernikahan Unik yang Ada di Indonesia

5 Tradisi Pernikahan Unik yang Ada di IndonesiaPernikahan merupakan suatu hal yang sakral bagi masyarakat Indonesia. Dalam perhelatannya pun harus dipersiapkan dengan matang dan dilakukan dengan cara yang terbaik karena hanya dilakukan sekali seumur hidup. Pernikahan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh sepasang kekasih. Lewat pernikahan, kehidupan sepasang manusia tersebut pasti akan berubah. Untuk itu, pernikahan harus dilakukan secara serius.

Tradisi Pernikahan Unik

Tradisi Pernikahan Unik

Indonesia memang kaya akan tradisi dan budaya. Dalam pernikahan pun banyak sekali tradisi yang unik dan tak lazim namun tetap di lestarikan hingga saat ini. Semua tradisi pernikahan tersebut memiliki filosofis sejarahnya masing-masing. Mulai dari cara persiapan, proses adat yang harus dipatuhi sebelum dan sesudah masa pernikahan. Berikut 5 Tradisi Pernikahan Unik yang Ada di Indonesia yakni :

  1. Kawin Colong Suku Osing, Banyuwangi

Kawin Colong atau Kawin Lari adalah sebuah tindakan yang dilakukan sepasang kekasih dengan alasan – alasan tertentu. Prosesi pelaksanaan Kawin Colong adalah; sang pria akan diam-diam menculik si wanita, lalu membawa ke rumahnya dan tinggal di sana. Dalam waktu kurang dari 24 jam, sang pria harus mengirimkan seorang Colok (Orang penengah) untuk bertemu dengan kedua orang tua perempuan.

  1. Jual-Beli dalam Adat Bali

Jual-beli dalam tradisi ini dilakukan menggunakan Bakul. Bakul yang dibawa oleh calon mempelai wanita kemudian akan dibeli oleh calon mempelai pria. Kegiatan tersebut merupakan analogi dari kehidupan berumah tangga yang harus saling melengkapi, memberi dan mengisi, hingga meraih tujuan yang diinginkan.

  1. Tradisi Siraman dari Adat Jawa

Prosesi Siraman itu sendiri seperti memandikan calon pengantin dan biasanya dilakukan di hari sebelum pernikahan dan dilakukan calon pengantin pria dan wanita di rumah mereka masing-masing. Siraman sendiri memiliki arti “memandikan”. Memandikan calon pengantin sebelum hari pernikahannya dipercaya sebagai simbol membersihkan diri agar bersih dan suci secara lahir dan batin sebelum menjalani hidup rumah tangga.

  1. Palang Pintu pada Adat Betawi

Keunikan Prosesi Palang Pintu ini ada pada dialog yang digunakan berupa pantun yang saling berbalas. Tujuannya adalah sebagai cara untuk kedua keluarga dapat saling mengenal satu sama lain. Prosesi Palang Pintu dilakukan sebelum akad nikah dimulai, yaitu ketika keluarga mempelai pria datang menuju tempat sang mempelai wanita. Kemudian masing-masing penjaga pintu dari kedua keluarga akan mengadu pantun dan juga silat, sebagai syarat untuk bisa masuk kedalam kediaman mempelai wanita.

  1. Menahan Buang Air di Suku Tidung, Kalimantan

Sebelum Pernikahan berlangsung, calon pengantin dilarang buang air selama 3 hari 3 malam atau 72 jam. Untuk mengantisipasi hal itu, mereka apun harus rela mengurangi makan dan minumnya setiap hari. Secara bergantian keluarga akan mengawasi calon pengantin agar tidak pergi ke kamar mandi. Tradisi ini dilakukan karena diyakini nantinya mereka akan hidup bahagia dan dikaruniai anak maupun rezeki yang berlimpah.

Sebenarnya masih banyak Tradisi Pernikahan Unik yang Ada di Indonesia, mengingat banyak sekali suku dan budaya yang ada di Negara kita tercinta ini. Setiap tradisi tersebut harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah keberadaannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *